MAKALAH
MICROSOFT OFFICE POWERPOINT
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu
Tugas Mata Pelajaran
Keterampilan Komputer Dan Pengolahan
Informasi
Disusun Oleh:
LKP.TASIAH KOMPUTER
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, atas
rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul
"MICROSOFT OFFICE POWERPOINT",
shalawat serta salam semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad saw.
Adapun penyusunan makalah ini diajukan untuk memenuhi tugas
mata Pelajaran Keterampilan Komputer Dan Pengolahan Informasi.
Penulis menyadari penyusunan makalah ini masih jauh dari
sempurna. Untuk itu kritik serta saran yang membangun senantiasa penyusun
harapkan guna perbaikan dimasa mendatang.
Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya penyusun ucapkan
kepada semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu-persatu yang telah membantu
penyusunan makalah ini.
Akhirnya penulis berharap semoga
makalah ini bemanfaat bagi penulis khususnya dan anda yang membaca makalah ini.
Oktober
2011
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang masalah
Presentasi adalah pengumpulan data dan informasi yang akan
disampaikan kepada orang tertentu. Kini seiring perkembangan teknologi di
bidang komputer kita tidak perlu lagi mencari berbagai bahan presentasi yang
susah untuk didapatkan. Solusi terbaik dimasa sekarang adalah dengan
menggunakan komputer jinjing (notebook) yang sudah dilengkapi dengan program
Microsoft PowerPoint di dalamnya.
Dalam melakukan presentasi melalui komputer, hanya
dibutuhkan seperangkat komputer dan LCD Projector. Materi yang akan
dipresentasikan tinggal diolah pada program Microsoft PowerPoint. Melalui
program ini, bahan presentasi, baik berupa teks, gambar, suara, atau video
dapat disatukan menjadi utuh dan lebih hidup.
B.
Tujuan
Tujuan penulis dalam pembuatan
Makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata Pelajaran Keterampilan Komputer
Dan Pengolahan Informasi.
C.
Manfaat
Penulis berharap makalah ini
bermanfaat bagi bagi penulis khususnya, dan bagi pembaca pada umumnya.
BAB II
PEMBAHASAN
A. SEJARAH
SINGKAT MICROSOFT OFFICE
Sejarah panjang perjalanan Microsoft Office hingga saat ini,
banyak perubahan dan penambahan fasilitas sejak pertama kali diluncurkan
tanggal 30 Agustus 1992. Waktu itu aplikasi perkantoran ini diberi nama
Microsoft Office versi 3.0. Pada versi tersebut Microsoft Office menyertakan
Microsoft Word sebagai pengolah kata, Microsoft Excel sebagai pengolah angka,
Microsoft PowerPoint digunakan sebagai aplikasi presentasi yang handal dan
Microsoft Mail digunakan untuk menerima dan mengirim email.
Setelah populer dengan Microsoft Office 3.0, pada
tahun 1995-an Microsoft kembali meluncurkan Microsoft Office 95 bersamaan waktu
itu Microsoft meluncurkan sistem operasi Microsoft Windows 95. Pada sistem
operasi ini Microsoft merombak total Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup,
perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operais PC saat itu.
Sejalan dengan pekembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office
sendiri terus berkembang dan semakin mapan dan terus digandrungi serta
digunakan oleh sebagian besar masyarakat komputer di dunia, termasuk di
Indonesia.
Sampai pada tahun 2000-an Microsoft sudah meluncurkan
beberapa versi Microsoft Office dan sampai saat ini masih tetap digunakan
sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi dari Microsoft
Office yang masih banyak digunakan saat ini antara lain Microsoft Office 2000,
Microsoft Office XP (2002) dan Microsoft Office 2003.
Pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak kemampuan
Microsoft Office 2003 masih belum tersentuh oleh pemakainya. Namun sejalan
dengan perkembangan teknologi dan sistem operasi yang juga terus berkembang,
maka diluar dugaan Microsoft kembali meluncurkan Microsoft Office 2007
bersamaan dengan Windows Vista yang hadir di tengah-tengah masyarakat komputer
dunia.
B.
MICROSOFT POWERPOINT
1.
Tampilan Microsoft PowerPoint
Presentasi dalam bentuk PowerPoint adalah mengumpulkan slide
elektronik yang di dalamnya terdapat teks, gambar, grafik, tabel, suara, dan
video. Dalam menyampaikan presentasinya, informasi yang telah disusun dapat
berjalan dengan otomatis atau dapat juga dikontrol oleh penyaji materi.
Microsoft PowerPoint 2007 memiliki fitur-fitur yang sama dengan versi
sebelumnya ditambah dengan fitur-fitur baru yang dapat dipergunakan.
a.
Tombol Microsoft office PowerPoint
Dalam tombol Microsoft office
terdapat banyak fungsi, seperti file menu pada versi PowerPoint sebelumnya.
Pada tombol Microsoft office tersebut terdapat menu create a new presentation,
open an existing presentation, save and save as, print, send, dan close.
b.
Menu pita
Menu pita adalah panel yang terdapat
di atas layar dan memiliki 7 tab, yaitu home, insert, design, animations, slide
show, review and view. Tiap label dipisahkan dalam kelmpok. Menu tersebut
dikelmpokan berdasarkan fungsinya dan dapat digunakan dalam membuat dan
mengedit slide PowerPoint.
Keunggulannya terlihat pada menu
pita. Untuk mengetahui keunggulan tambahan pada tiap grup menu, klik panah yang
terletak pada ujung bawah kanan pada ujung bawah kanan pada tiap-tiap kelompok.
c.
Toolbar quick access
Toolbar quick access adalah toolbar
yang dapat diubah. Dalam toolbar tersebut terdapat perintah yang dapat
digunakan. Kita dapat meletakan Toolbar quick access tersebut diantara atau di
bawah menu pita. Untuk mengubah letak Toolbar quick access, klik pada panah ke
bawah yang terletak pada sisi kanan toolbar dan kemudian klik show below the
ribbon.
d.
Navigasi
Navigasi terletak pada kiri layar.
Fungsinya untuk memilih slide yang diinginkan, pada navigasi ini berisikan
slide-slide yang telah dibuat dalam ukuran kecil. Sementara itu, outline
dipergunakan untuk materi-materi yang akan dimasukan dalam presentasi. Untuk
mengakses outline, klik tab outline.
e.
Slide views
Presentasi dapat ditampilkan dalam
beberapa variasi. Pada tab view dengan memilih kelompok presentation views
terdapat cara tampilan slide berdasarkan pada tampilan normal, slide sorter,
notes page, slide show, slide master, handout master, dan notes master.
2.
Membuat Presentasi
a. Prentasi baru
Kita dapat
membuat presentasi dengan slide kosong dengan template dari presentasi yang
sudah ada, atau dengan word outline.
Urutan
membuat presentasi yang baru dari slide kosong, yaitu:
Ø Klik tombol office button.
Ø Klik new.
Ø Klik blank presentation.
Urutan
membuat presentasi yang baru dari template, yaitu:
Ø Klik tombol Microsoft office.
Ø Klik new.
Ø Klik installed templates atau browde
through Microsoft office online templates.
Ø Klik template yang dipilih.
Urutan
membuat presentasi yang baru dari presentasi yang sudah ada:
Ø Klik tombol Microsoft office.
Ø Klik new.
Ø Klik new from existing.
Ø Cari dan lihat kemudian klik
presentasinya.
b. Menyimpan presentasi
Untuk
menyimpan presentasi yang telah dibuat dengan save dokumen, yaitu:
Ø Klik tombol Microsoft office.
Ø Klik save.
Untuk
menyimpan presentasi yang telah dibuat dengan save as dokumen, yaitu:
Ø Klik tombol Microsoft office.
Ø Klik save as.
Ø Ketik nama untuk dokumen presentasi.
Ø Pada kotak save as type, pilih
PowerPoint 97-2003 presentation.
c. Menambah slide
Dalam
menambah slide baru pada presentasi terdapat beberapa cara, yaitu:
1) Office themes, yaitu:
Ø
Pilih slide yang letaknya sebelum
tempat kita akan tambahkan slide.
Ø
Klik tombol new slide pada tab home.
Ø
Klik slide pilihan yang cukup dengan
materi.
2) Menduplikasi slide yang ada:
Ø
Pilih slide yang hendak diduplikat.
Ø
Klik tombol new slide pada tab home.
Ø
Klik duplicate selected slides.
3) Membuat slide baru dari presentasi
yang lain:
Ø
Pilih slide yang letaknya sebelum
tempat kita akan tambahkan slide.
Ø
Klik tombol new slide pada tab home.
Ø
Klik reuse slides.
Ø
Klik browse.
Ø
Klik browse file.
Ø
Cari slide klik pada slide untuk
mengimportnya.
d. Themes (motif)
Themes
adalah desain motif dari slide yang dapat di-apply (ditetapkan) kepada seluruh
presentasi yang dapat memberikan tampilan pada presentasi. Untuk menambahkan
corak dan motif pada presentasi dilakukan dengan cara:
Ø Klik tab design.
Ø Pilihlah salah satu themes atau klik
tombol galleries.
Untuk
menetapkan warna baru dengan cara:
Ø Klik panah kebawah colors.
Ø Pilihlah set warna atau klik create
new themes colors.
Untuk
menambahkan corak dan motif pada presentasi dilakukan dengan cara meng-klik
tombol background styles pada tab design.
e. Picture
Cara
menambah picture atau gambar pada presentasi lakukan dengan cara:
Ø
Klik tab insert.
Ø
Klik tombol picture.
Ø
Cari dan pilihlah gambar.
Ø
Klik insert.
Ø
Untuk memindahkan gambar, klik geser
ke tempat yang diinginkan.
f. Clip Art
Cara
menambahkan clip Art atau to add clip art, yaitu :
Ø
Klik tab insert.
Ø
Klik tombol clip art.
Ø
Carilah clip art dengan menggunakan
kotak dialog pencari clip art.
Ø
Klip clip art yang diinginkan.
Ø
Pindahkan clip art, klik dan
geserlah ke tempat yang diinginkan.
DAFTAR PUSTAKA
Tualeka
Zamrud, dkk. (2009). Mari Mengenal
Lembar Presentasi (Ms. PowerPoint). Jakarta: PT. Mapan
Tualeka
Zamrud, dkk. (2009). Ayo Bermain
Pengolahan Kata (Ms. Word). Jakarta: PT. Mapan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar